Kamis, 25 Oktober 2018

Review "Konsep Pengembangan Kawasan Wisata SPA"

Edit Posted by with No comments
Review SPA

Konsep Pengembangan Kawasan  Wisata SPA
Pendahuluan
Industri pariwisata adalah satu-satunya industri yang menawarkan kepada pelanggan atau wisatawan yang mampu memberikan kepuasaan dan kesenangan bagi wisatawan yang menikmatinya. Terdapat banyak sekali faktor dalam mendapatkan kepuasan dan kesenangan tersebut diantaranya dapat didapatkan berdasarkan minat wisatawan. Produk wisata yang dimaksud disini adalah seluruh produk yang dapat dinikmati oleh wisatawan tanpa terkecuali sesuai kebutuhan wisatawan. Beberapa contoh produk diantaranya adalah akomodasi, transportasi, suatu atraksi wisata, objek daya tarik wisata, dan masih banyak lagi. Pembentukan suatu produk wisata disusun berdasarkan perencanaan yang telah matang oleh suatu pemangku kepentingan pariwisata. Perencanaan pengembangan objek dan daya tarik wisata alam atau kawasan wisata, merupakan perencanaan yang senantiasa mengkaitkan unsur keindahan sebagai bagian dari pemenuhan selera wisatawan. Salah satu Sumber Daya Alam (SDA) yang dapat dimanfaatkan secara sengaja untuk pemenuhan kepuasaan wisatawan di Industri Pariwisata adalah Sumber mineral atau biasa disebut Pemandian Air Panas. Pemandian Air Panas dapat dimanfaatkan dengan beberapa hal. Diantaranya adalah untuk kesehatan bagi pemakainya, kesenangan atau kepuasaan untuk memenuhi minat tersebut, dan juga dapat menikmati keindahaan alam yang ada di Pemandian Air Panas.
Maksud dan Tujuan
Kawasan Wisata SPA merupakan salah satu pelayanan jasa di Industri Pariwisata yang dapat memberikan ketenangan dan kepuasaan kepada wisatawan saat wisatawan merasa lelah dengan seluruh kegiatan sehari-harinya. Jenis pelayanan ini akan selalu didapatkan oleh wisatawan kapanpun dan dimanapun bagi penyedia jasa pelayanan wisata khususnya Kawasan Wisata SPA. Adanya kawasan wisata SPA memiliki maksud dan tujuan yang jelas. Maksud adanya kawasan wisata SPA adalah suatu pemanfaatan dan pengembangan Sumber Daya Alam disuatu kawasan wisata yang dapat menunjang wisatawan untuk dapat menikmati produk SPA tersebut. Tujuannya adalah memberikan fasilitas yang memadai untuk wisatawan agar dapat menggunakan segala fasilitas yang tersedia di kawasan SPA. Kedua, mengembangkan sebuah infrastruktur atau prasarana untuk wisatawan di kawasan SPA agar wisatawan dapat mudah dalam melakukan kegiatan wisatanya. ketiga, mendorong kreativitas atau kegiatan masyarakat pada suatu daerah kawasan SPA agar tercapainya suatu manfaat kepada masyarakat itu sendiri dalam lingkup sosial, ekonomi dan budaya.
Sasaran
Kawasan Spa memiliki beberapa sasaran jelas untuk dituju. Diantaranya yang pertama adalah fasilitas standar yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Kedua, Kawasan SPA yang dapat dilihat dengan baik agar dapat berkelanjutan. Ketiga, pemanfaat sumber daya air mineral dengan baik untuk mendapatkan kepuasaan, kesenangan dan kesehatan bagi wisatawan. Keempat, terdapat beberapa kegiatan wisatawan untuk mendukung kegiataan wisatawan.
Kawasan Pengembangan Wisata SPA Adalah suatu upaya pemanfaatan sumber daya alam mineral air panas atau SPA. Hal ini secara sengaja bahwa sasaran konsep pengembangan kawasan wisata ditujukan dengan jelas yakni pemanfaat sumber daya alam mineral air panas agar dapat dimanfaatkan dengan baik. Konsep ini juga tentu akan melibatkan masyarakat daerah setempat agar membantu mereka dalam segi ekonomi. Masyarakat dapat membantu dalam hal perawatan produk wisata dan fasilitas-fasilitasnya.
Ada beberapa Pendekatan Perencanaan Pengembangan Kawasan Wisata SPA yaitu diantaranya   :
            Perencanaan integrasi dalam menata – Pemberdayaan Masyarakat – Penataan Fasilitas dengan baik – Pemasaran Kawasan Wisata SPA
Selain itu, ada juga Perencanaan pengembangan potensi sumber panas ( SPA) yaitu diantaranya :
1.    Menentukan tema yang jelas terkait kawasan SPA yang akan dibuat
2.    Fasilitas kawasan SPA harus berdasarkan karakter dan kondisi alam dalam suatu daerah tersebut
3.    Penempatan Sarana Rekreasi atau fasilitas yang mengacu kepada sistem zonasi akan lebih membantu bagi pengelompokan kegiatan pengunjung pada satu lokasi
4.    Sistem jalan atau infrastruktur juga sangat penting dalam mendukung dan membantu untuk memudahkan pengunjung sampai pada tempat tujuan
5.    Fasilitas dalam kawasan perlu melakukan pendekatan filosofi kenyamanan dan kesantaian.
Penutup
Kawasan Wisata SPA yang masih dalam proses tahap pengembangan ini harus tetap dilakukan dengan mempunyai koordinasi baik antar pihak masyarakat dan pemangku lain. Perencanan pengembangan kawasan wisata SPA juga diperlukan adanya pemasaran kawasan wisata SPA agar lebih dikenal oleh calon pengunjung dan juga disertai struktur perencanaan pengembangan kawasan wisata SPA yang jelas juga. Konsep ini akan tetap dan tidak akan berhenti ditengah jalan apabila dukungan dan faktor-faktor yang mendukung keterlibatan pengembangan kawasan SPA ini terus untuk dilakukan dengan baik.


0 komentar:

Posting Komentar