Wisata Berbasis Masyarakat
Wisata
Berbasis Masyarakat (CBT) adalah satu-satunya yang berbasis versi unik daripada
yang lain. Ditengah-tengah kondisi yang sangat menyimpang oleh masyarakat. Muncul
beberapa pertanyaan seperti “Bagaimana Pariwisata dapat berkontribusi?”
Wisata
Berbasis Masyarakat sangat membutuhkan keberlanjutan lingkungan sosial, dan
budaya. Wisata Berbasis Masyarakat melakukan suatu kegiatan masyarakat di
Industri Pariwisata yang mana memiliki manfaat atau tujuan yakni Persentase
keuntungan dari pariwisata berkontribusi pada dana masyarakat
untuk pembangunan ekonomi
dan sosial masyarakat.
Kegiatan dan layanan wisata bertujuan:
ë Membina proses
pembelajaran bersama antara host dan tamu.
ë Mendidik dan membangun
pemahaman tentang beragam budaya dan cara hidup.
Ditengah kegiatan Wisata
Berbasis Masyarakat, salah satu kegiatannya juga mampu berada di Ekowisata.
Ekowisata lebih bertanggung jawab menciptakan sebuah kesadaran di antara semua
pihak terkait mengenai kebutuhan dan tindakan digunakan untuk melestarikan
ekosistem dan karena itu berorientasi pada masyarakat partisipasi serta
penyediaan pengalaman belajar bersama.
Ekowisata sangat
mempertimbangkan :
a.
Situs
b.
Pengelolaan
c.
Proses dan Kegiatan
d.
Partisipasi
CBT dimaksudkan sebagai alat untuk pengembangan
masyarakat dan lingkungan
konservasi. Untuk alasan ini, Anda harus menerapkan
tampilan "holistik", (yaitu, satu
yang mencakup rangkaian lengkap sosial, budaya, ekonomi,
faktor pembangunan lingkungan dan politik), untuk
analisis Anda tentang
konteks komunitas Memahami situasi masyarakat akan
membantu Anda
memaksimalkan kapasitas CBT untuk bertindak sebagai
efektif dan berkelanjutan.
5 Aspek prinsip pengembangan Masyarakat :
1. Ekonomis
Penghasilan dari produksi lokal
Diversifikasi ekonomi lokal
'Kemandirian
2. Sosial
"Orang-berpusat
pengembangan
keadilan sosial
'Memuaskan kualitas hidup
ë Komunitas aktif
organisasi
3. Politik
ese partisipasi masyarakat
'Pembangunan sebagai tanggapan terhadap
kebutuhan masyarakat
Demokratisasi
4. Kultural
Formal dan informal
pendidikan
Budaya lokal terus berlanjut
ke generasi berikutnya
Pelestarian budaya
5. Lingkungan
Hak pengelolaan sumber daya alam
tanggung jawab lingkungan
0 komentar:
Posting Komentar