Rabu, 07 Desember 2016

Wisata Sejarah di Candi Sukuh Tawangmangu

Edit Posted by with No comments
Halo reader, aku masih mem-posting wisata-wisata sejarah di candi dan bangunan-bangunan sejarah lain nya. Tapi kali ini aku ingin memposting atau sharing tentang Suasana Sejarah di Candi Sukuh Tawangmangu. 

Berdasarkan pengalaman pribadiku, aku sudah 2x mengunjungi Candi Sukuh. Di Tawangmangu cuacanya adalah dingin dan kebetulan Candi Sukuh terletak di dekat Gunung. Jadi, itu sangat dingin sekali... apalagi disajikan dengan relief-relief Candi Sukuh yang sangat kental dengan sejarah hindunya. 
    

                                                                                           Sumber : Dokumen Pribadi
Aku mendapat banyak referensi dari berbagai sumber yaitu dari pemandu wisata dan mencari tahu melalui internet, akan tetapi semua dipadukan terjun langsung melakukan observasi ke Candi Sukuh langsung. Candi sukuh adalah candi Hindhu yang terletak di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, eks Karesidenan Surakarta, Jawa Tengah. Candi Sukuh telah diusulkan ke UNESCO untuk menjadi warisan budaya.

Starting point atau titik kumpul ke Candi Sukuh di mulai dari Surakarta dan berangkat pukul 08.00 WIB Pagi dan tiba disana pukul 10.000 WIB Pagi. Suasana pada saat itu sangat dingin sekali, wisatawan yang mengunjungi masih sangat sepi karena masih pagi. Namun itu tidak mengubah kita untuk tetap berwisata di Candi Sukuh. 

  
Sumber : Dokumen Pribadi





Candi Sukuh memiliki 3 teras seperti di Candi Prambanan akan tetapi memiliki perbedaan 

yang sangat berbeda. 

Teras pertama

Pada teras pertama terdapat gapura utama. Pada gapura ini ada sebuah sengkala memet dalam bahasa Jawa yang berbunyi gapura buta aban wong.

Teras Kedua 

Di kanan dan kiri gapura terdapat patung penjaga pintu atau dwarapala yang biasa ada, namun dalam keadaan rusak dan sudah tidak jelas bentuknya lagi.

Teras Ketiga 

Pada teras ketiga terdapat pelataran besar dengan candi induk nya.

Candi Sukuh juga memiliki prasasti yakni terdapat dua buah patung Garuda yang merupakan bagian dari cerita pencarian tirta amerta (air kehidupan) yang terdapat dalam kitab Adiparwa, kitab pertama Mahabharata.

Reader, jika masih asing dengan Candi Sukuh ayo kunjungi segera yaaa untuk menjawab segala rasa penasarannya. 
Terima kasih sudah membaca semoga bermanfaat :)



0 komentar:

Posting Komentar